Pembelajaran Terpadu Model Connected


PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (Studi Pengembangan pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Gunungkidul)

Oleh: Nuruddin Hidayat

Latar belakang penelitian ini adalah adanya tuntutan pelaksanaan pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di tingkat SMP/MTs. Perubahan pendekatan pembelajaran IPA ini menuntut guru untuk memahami dan melaksanakannya. Kenyataan di lapangan, menunjukkan bahwa baru sebagian kecil guru yang telah melaksanakan pembelajaran terpadu, itupun lebih dikarenakan sekedar memenuhi tuntutan kurikulum. Permasalahan yang ada di lapangan adalah kekurangpahaman guru terhadap pembelajaran terpadu dan tidak adanya contoh konkrit yang dapat mereka aplikasikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pengembangan pembelajaran terpadu model connected yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada madrasah tsanawiyah di Kabupaten Gunungkidul.

Sesuai dengan tujuan di atas, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Pembelajaran terpadu model connected ini menghubungkan satu konsep dengan konsep lain, satu topik dengan topik lain, satu keterampilan dengan keterampilan lain, tugas dilakukan pada satu hari dengan tugas yang dilakukan pada hari berikutnya, bahkan ide-ide yang dipelajari pada satu semester dengan ide-ide yang dipelajari pada semester berikutnya dalam satu bidang studi. Model ini dikembangkan berdasarkan teori dari Fogarty dan panduan pengembangan pembelajaran IPA terpadu. Model yang dihasilkan berupa desain pembelajaran IPA tepadu connected dan beberapa pedoman dalam implementasi pembelajaran IPA terpadu connected.

Hasil implementasi pengembangan desain ini terbukti telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada Bidang Madrasah dan Pendidikan Agama Departemen Agama untuk memberikan dukungan kebijakan, kepala madrasah dan guru untuk dapat mengembangkan sesuai dengan kondisi madrasah dan Peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian pada aspek penilaian yang lebih luas.

Lebih lengkap baca file .pdf berikut:

pengembangan-pembelajaran-terpadu-model-connected

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Pembelajaran dan tag . Tandai permalink.

6 Balasan ke Pembelajaran Terpadu Model Connected

  1. sukamto berkata:

    tq 4 ur help to get some info.

  2. Desy berkata:

    Assalamualaikum

    Salam hormat,

    Pak saya sangat tertarik sekali untuk menerapkan model pembelajaran terpadu model connected ini, akan tetapi saya kesulitan untuk mencari buku yang menjelaskan tentang bagaimana pembelajaran terpadu model connected ini diterapkan salah satunya mengenai sintaks-sintaks pengajarannya. Oleh karena itu saya mohon pada bapak untuk dapat memberi informasi tersebut melalui e-mail saya. Terima kasih atas perhatian Bapak.

    Wassalam

  3. nora listantia spd berkata:

    trimakasih infox pak…sy terispirasi dri tulisan anda..saya mhasiswa pascasarjana univ.mataram dan tesis sy mirip dgn judul tulisan anda.
    sintak model pemb.connected dan instrumennya boleh sy minta contohnya pak.
    kebetulan sy msh bingung menentukan instrumen dalam penelitian ini.. mohon bantuannya,
    serta mengunakan SPSS 13 for windows tu gmna..sy takut bayangan melakukan penelitian ini… keunggulan dan kelemahan model ini pa ya pak?penelitian sy di SMPN di kab.lombok tengah NTB..
    sy apresiasi skali dengan tulisan bpk…matur suwwun sangt ngeeh!!!
    mf merepeotkan… ditunggu blsan d email ya pak

  4. kintan berkata:

    ass,,
    Pa saya mau nanya, proses pembelajaran yang berkualitas sehubungan penerapan pembelajaran terpadu model connected itu harus seperti apa?

    Trima ksh sblmnya.. Mhn jwbn’y…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s