Tunjangan Profesi Guru Depag Tahun 2009


Heboh Tunjangan Profesi Depag 2009

Setelah kian lama menunggu, akhirnya tunjangan profesi bagi guru-guru madrasah cair juga.Tampaknya kegembiraan ini masih belum lengkap – karena ternyata jumlah yang diterima belum sesuai yang diharapkan (tidak sebesar gaji pokok – sebagaimana dijanjikan). Bukannya berarti guru tidak bersyukur pada apa yang diterima, akan tetapi akan lebih baik jika permasalahan yang ada diperjelas, sampai tuntas.
Kasak-kusuk bapak/ibu gurupun sampai ke kandepag dan kanwil. Pertanyaan bernada protes secara langsung, via telepon maupun via sms, belum mendapatkan tanggapan yang pasti. Akhirnya, pertemuanpun digelar untuk mengkomunikasikan persoalan tersebut. Permasalahan yang muncul kembali pada salah satu pasal yang menyebutkan bahwa besar tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok. Sedang untuk pembayaran tunjangan profesi dibayarkan berdasakan SK Kenaikan Gaji Berkala (KGB).
Apakah besar gaji dalam KGB sama dengan gaji yang diterima? Jawabannya tidak. KGB dibuat setiap dua tahun sekali, sehingga kadang-kadang besar gaji dalam KGB lebih kecil dari pada gaji yang diterima. Apalagi jika pada tahun tersebut ada kenaikan gaji, pasti besar gaji akan jauh diatas KGB. Permasalahan yang dapat disimpulkan hanya ini saja – tidak ada yang lain. Tapi kemudian timbul pertanyaan “Mengapa ditetapkan KGB sebagai dasar?”. Apakah struk gaji tidak meiliki dasar yang kuat sebagaimana halnya KGB?
Pemerintah (Depag) seharusnya segera tanggap mengatasi permasalahan ini, karena ini menyangkut kebijakan mereka. Bukan saatnya pemerintah membanggakan diri dengan mampu menaikkan/membayar tunjangan profesi sekian ratus ribu guru. Tetapi lebih dituntut untuk memberikan layanan yang maksimal dan adil. Kita semua berharap, bahwa semua pihak dapat bekerja sesuai dengan proporsinya.

Lampiran file:
1. pp-no-74-tahun-2008-tentang-guru1
2. PEDOMAN_PENYALURAN_TPG

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Tunjangan Profesi Guru Depag Tahun 2009

  1. Imawan susanto.SH berkata:

    pa saya guru mi jamiyatu asyafiya larangan kota tangerang nama saya imawan susanto mulai mengajr th 2000 dan uda longlist ko lama sekali ya pa di pangilnya?

  2. Imawan Susanto berkata:

    Pa saya imawan susanto guru mi jamiyatu asyafiya larangan, nama saya uda keluar long list ko nga di pangil pangil ya pa ko lama sekali tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s