UN 2010, Ambil Sisi Positifnya


Pelaksanaan UN 2010 sudah pasti, setelah dalam rapat kerja Komisi X DPR dengan Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh di Jakarta, Rabu (27/1) mengambil keputusan bahwa Ujian Nasional (UN) 2010 tetap dilaksanakan.

Sebagai pelaksana di lapangan, kita (guru) harus bisa memanfaatkan segala keputusan dengan hati yang jernih – yakni mencoba mengambil sisi positif dari keputusan tersebut dan meminimalkan sisi negatif yang ada. Di samping itu kita juga harus memberikan protes dengan nada yang indah disertai dengan argumen-argumen yang relevan demi kemajuan pendidikan. Sebuah protes dengan mengedepankan sebuah solusi.

Hampir semua protes akan dihapuskannya UN benar adanya. Juga argumen pemerintah yang mencoba mempertahankan pelaksanaan UN semua masuk akal. Sekarang sudah saatnya mengevaluasi pelaksanaan UN setelah sekian tahun dilaksanakan, untuk mencari solusi penyempurnaan pelaksanaan UN yang akan datang.

Dalam hal ini penulis mengajukan tiga hal pokok dalam rangka upaya penyempurnaan pelaksanaan UN:

  1. Perubahan fungsi UN. Fungsi UN lebih difokuskan pada upaya untuk mengetahui mutu pendidikan, sehingga UN dapat dijadikan sebagai tes standar untuk setiap tingkat jenjang pendidikan. Penentu kelulusan ditentukan oleh sekolah/madrasah dengan tetap mempertimbangkan hasil UN dengan kriteria tertentu.
  2. UN dilaksanakan tidak pada tahun terakhir setiap jenjang pendidikan, tetapi pada tahun kelima untuk SD/MI, tahun kedua untuk SMP/MTs, dan juga tahun kedua pada SMA/MA/SMK. Ini sebagai konsekuensi usulan saya di atas (no 1), dan bagi yang belum lulus dapat mengulang di tahun berikutnya. Jadi setiap siswa mendapat kesempatan untuk mengikuti UN sebanyak dua kali.
  3. Materi UN merupakan materi dasar, yang mencerminkan penguasaan dasar untuk setiap jenjang pendidikannya.

Itulah urun rembug untuk penyempurnaan pelaksanaan UN 2011 mendatang. Marilah saatnya kita untuk menyiapkan siswa-siswi kita menghadapi UN 2010. Dan bagi bapak ibu guru SMP/MTs mari kita coba persiapkan UN secara bersama-sama dengan cara bertukar soal latihan /soal try out /soal prediksi UN. Bersama ini Anda dapat download soal prediksi /tryout UN untuk SMP dalam bentuk file pdf dari madrasah kami.  Semoga bermanfaat:

Silakan download:

  • Permen No 75 Tahun 2009 ttg UN 2010.pdf
  • Permen No 84 Tahun 2009 ttg UN 2010.pdf
  • POS UN 2010 SMA/MA.pdf
  • POS UN 2010 SMP/MTs.pdf

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s