Beasiswa Depag 2010


PENGUMUMAN
PENERIMAAN PESERTA PROGRAM BEASISWA SANTRI BERPRESTASI (PBSB)
KEMENTERIAN AGAMA RI TAHUN 2010

 

Kebijakan pembangunan pendidikan mencakup tiga aspek yaitu: perluasan akses, peningkatan mutu, dan tata kelola. Perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan Islam mengisyaratkan keseriusan Kementerian Agama RI dalam meningkatkan angka partisipasi masyarakat di dunia pendidikan. Dalam rangka meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi santri berprestasi dan meningkatkan kualitas pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. bermaksud menjaring  santri terbaik di kelas III pada Madrasah Aliyah (MA) atau yang sederajat di pondok pesantren untuk mengikuti program pendidikan tinggi melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).

PERSYARATAN  SELEKSI

  1. Tercatat sebagai siswa/i kelas III Madrasah Aliyah (MA) atau yang sederajat di pondok pesantren.
  2. Berstatus sebagai santri aktif yang bermukim dan belajar/nyantri di pondok pesantren sekurang-kurangnya selama 2 (dua) tahun.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Pada saat mendaftar berumur tidak lebih dari 20 tahun, terhitung tanggal 13 Maret 2010.
  5. Memiliki prestasi yang baik selama  pendidikan 5 semester berturut-turut  dengan nilai minimal 70 (skala 100) untuk tiap mata pelajaran:
  • Program IPA : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Inggris.
  • Program IPS : Ekonomi,  Geografi,  Sosiologi,  Bahasa  Indonesia  dan   Bahasa Inggris.
  • Program Bahasa : Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Antropologi,  Sastra Indonesia dan Bahasa Asing lain.
  • Program Keagamaan : Bahasa Arab, Ilmu Hadist, Ilmu Tafsir, Fiqih, Bahasa Inggris.

6.  Diajukan oleh Pimpinan Pondok Pesantren santri yang bersangkutan.
WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN
Pendaftaran dimulai pada tanggal 5 Februari s/d 5 Maret 2010 di Kantor Wilayah Kementerian Agama masing-masing.

MATERI TEST/SELEKSI
1.  Test Bakat Skolastik (TBS)
2.  Test Kemampuan Akademik
3.  Test Kemampuan Bahasa Inggris
4.  Test Kepesantrenan
5.  Test Bahasa Arab

WAKTU DAN TEMPAT SELEKSI
Seleksi dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2010 di 29 Kantor Wilayah Kementerian Agama RI.

PEMBIAYAAN
Kementerian Agama RI akan menanggung komponen pembiayaan sebagai berikut:
1. Biaya seleksi.
2. Biaya pendidikan pre-university (matrikulasi/orientasi/bridging program).
3. Biaya pendidikan (SPP dan Sumbangan Dana Pengembangan Akademik (SDPA).
4. Bantuan Biaya hidup (living cost).

PERGURUAN TINGGI MITRA

Peserta yang lulus seleksi akan studi pada perguruan tinggi mitra: Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Institut  Teknologi  10  November  (ITS)  Surabaya,  Institut  Pertanian  Bogor  (IPB),  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Mataram, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, IAIN Sunan Ampel Surabaya, dan IAIN Walisongo Semarang.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Seleksi Peserta PBSB Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. dengan nomor telepon 021-3811810 atau melalui website http://www.pondokpesantren.net.

Jakarta, 3 Februari 2009

Direktur Jenderal Pedidikan Islam

ttd

Prof. Dr. H. Mohammad Ali, MA

dikutip dari http://www.pondokpesantren.net

Silahkan download

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Informasi dan tag , , . Tandai permalink.

39 Balasan ke Beasiswa Depag 2010

  1. rosyad berkata:

    saya seorang siswa MAN, dan tidak mondok, tapi ketika Mts saya mondok di pesantren salafi selama 3 tahun, apasaya boleh mengikuti program ini?

  2. mafrudah berkata:

    pak klo beasiswa depag utk S2 gimana ?

  3. faozan berkata:

    tadz kalo beasiswa untuk pendidikan profesi dalam rangka sertifikasi ada lagi nggak untuk tahun 2010?

    • Hidayat berkata:

      Jalur PPG (pendidikan profesi guru) di depag? belum ada kabar keberlanjutannya setelah tahun 2009 sempat membuka untuk guru agama. Mas Akmad, jika masih jauh antrinya – mending ikut PPG saja yang biaya sendiri.

  4. laela berkata:

    harus 7 ea .
    tpikan yang rangking prtama juga ada 6 .
    bagaimana ?

  5. laela berkata:

    maaf pa sebelumnya .
    saya dari santri pesantren persis 1 bandung .
    saya ingin mengikuti program ini tp nilai saya ada 6 nya ?
    bagaimana ?
    emang tidak ada persyaratan lain dari itu ?apa itu dari rangking tau dari kemampuan .

  6. firman hidayat berkata:

    maaf pak, saya mau tanya. apa beasiswa pasca sarjana untuk guru tahun ini ( 2010/2011) ada?. mohon infonya segera. thanks.

  7. murni ma'rufah berkata:

    ass.mas kalo beasiswa untuk guru madrasa prosedurnya bgmna?kapan ad lagi…?trimakasih

  8. murni ma'rufah berkata:

    ass.mas kalo beasiswa untuk guru madrasah prosedurnya bgmna?apakah th 2010 ne masih ada…?trimakasih

  9. raisa berkata:

    kapan pengumuman beasiswa pbsb 2010 di umumkan????????????????

  10. a. ghofur berkata:

    ass. pak saya guru Mts yang lagi kuliah S1 sudah 2X mengajukan beasiswa ke kandepag tapi selalu tidak ada kabar yang pasti setelah pengajuan….?bagaimana untuk mengetahui siapa yang mendapatkan beasiswa yang rekomendasinya dari kandepag?

  11. rosyad berkata:

    ustadz….. kalau beasiswa keluar negri semisal ke al-azhar untuk tahun ini gimana?

  12. Noor Sahid berkata:

    Aslm… pak, tolong saya minta daftar sertifikasi guru depag jateng 2010 dong….
    susah banget downloadnya…..
    jazakumullah khairan katsiran….
    Wslm…

  13. baroroh siti berkata:

    Assalamua’alaikum wr wb.saya guru geografi man salatiga ingin sekali mendapatkan beasiswa s 2.gmana caranya ?

  14. MUCHLISUN berkata:

    Assalaamu’alaikum Wr Wb
    Mohon dengan hormat kepada yang berwenang sudi memberikan info kepada kami melalui E-mail tentang info program beasiswa S-3 bagi guru/dosen yang berumur antara 40 – 45 tahun.
    Sebelumnya kami sampaikan banyak terima kasih.
    Wassalaamu’alaikum wr. wb.

  15. abdul berkata:

    Pak… apakah beasiswa depag bisa dari pesantren mana aja???? kalau tidak untuk wilayah jogja dimana?????

  16. anis berkata:

    assalaamu’alaikuum,,,
    pak, bolehkah kita (siswa) mengajukan sendiri untuk ikut program beasiswa ini?
    teruimakasih.

  17. mawardi berkata:

    ass…, saya seorang guru PAI di MTs, saya saat ini sedang kuliah di universitas swasta di jakarta, saya memiliki masalah biaya kuliah. saya ingin tanya apakah program pemberian bantuan dana kuliah bagi guru untuk tahun 2011 nanti masih ada, terima kasih. mohon informasi di kirim ke email saya, achmad.mawardi@yahoo.com. terima kasih

  18. M Imam fawaid berkata:

    .ada gak beasiswa bagi Ustadz yang ngajar diMadin atow Santri yg masih Nyantri di PP Salafi yg berusia diatas ketentuan diatas…!!!??(Trimakasih)

  19. hidayatsamin berkata:

    ass. kapan lagi beasiswa S2 utk guru BIologi MAN …makasih pak infonya

  20. huda berkata:

    asslkm..
    p. mhon untuk di adakan beasiswa depag bagi santri2 ponpes yg kuliah d PTN swasta,, yg jg berlabel islam….
    trims
    wasslkm

  21. nitha berkata:

    saya siswi kelas3 yg sangat berkeinginan continue my education to cairo,…
    please give me many informations….
    thank you

    • Hidayat berkata:

      biasanya beasiswa seperti itu untuk santri yang ada di pondok pesantren, tapi tetap semangan dan tingkatkan prestasi. Setiap ada niat, pasti ada jalan keluar.

  22. sofiyatullaeliyah berkata:

    pak, untuk pembukaan beasiswa depag tahun 2011 kapan???

  23. ulfa berkata:

    ass.. ya ustadz pendaftarnnya beasiswa depag yang pascasarjana dibuka kira-kira kapan yaaaa???? lalu kira-kira persyaratannya sama kayak tahun kemarin atau berubah????? makasih

  24. edi pramono berkata:

    beasiswa kuliah S2 ada gak di Depag, khususnya bagi saya yang berada di lokasi desa

  25. Eda Moh Buyung berkata:

    Ass…pa sy seorang guru PAI pd MTSN MODEL PALU sangat berharap mendapatkan besiswa murni dari kementrian agama,…mohon ya Pa…..

  26. lubab berkata:

    apakah masih ada beasiswa lagy…………mohon info nya…saya sangat membutuhkan wat kelangsungan belajar say

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s