Pendidikan Haruskah Menggunakan TI?


Sesuatu yang dulu tidak pernah kita bayangkan kini telah terjadi,bahkan  sekarang telah menjadi sesuatu yang sangat kita andalkan. Itulah teknologi informasi. Saat ini kita menjadi sangat tergantung pada alat-alat tersebut, pada hampir semua segi kehidupan.

Penggunaan TI ini akan menimbulkan dampak yang bisa positif dan juga bisa negatif. Tentu saja yang kita harapkan adalah dampak positif dari penggunaan alat tersebut. Untuk mencegah dampak negatif yang mungkin timbul kita harus membekali pengetahuan dan membiasakan pengguaan TI bagi anak-anak kita.

Bahkan saat ini intasi pemerintahpun – termasuk di dalamnya instansi pendidikan, telah gencar-gencarnya untuk menggunakan IT ini.  Setidaknya inilah alasan pokoknya “ dalam rangka mewujudkan peningkatan kapasitas dan modernisasi”  dan “ penguatan layanan”. Inilah yang tertera dalam rencana jangka menegah kementerian pendidikan.

Dalam bidang pendidikan, IT telah menjadi alat utama dalam meningkatkan kapasitas dan modernisasi semua jenjang pendidikan. Kurikulum yang padat dan kegiatan pembelajaran yang sangat terbatas, telah menjadikan IT sebagai jalan tol untuk menganggkut isi materi kurikulum kepada siswa. Kelebihan TI yang unsynchronus, memungkinkan dapat untuk diakses setiap waktu, sehingga materi yang telah terunggah akan dapat diunduh setiap waktu.

Pelayanan pendidikaan saat ini tidak bisa lepas dari penggunaan TI. Pelayanan yang cepat dan akurat menjadi kebutuhan utama dan TI-lah yang siap untuk menggusungnya. Oleh karena itu semua aplikasi pendidikan sudah mulai pelahan-pelahan masuk pada seluruh bidang pendidikan, mulai dari dari administrasi, hingga pembelajaran peserta didik.

Kementerian pendidikan pada permendiknas no 2 tahun 2010 menargetkan di tahun 2014 bahwa :

  1. Sekurang-kurangnya 40% SD/MI dan 60% SMP/MTs telah melaksakan elektronik pembelajaran
  2. Sekurang-kurangnya 75% SMA/MA dan 70% SMK melaksanakan elektronik pembelajaran
  3. Semua satker melaksanakan elektronik pembelajaran

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s