JURUS JITU (2)


BELAJAR MEMPERSIAPKAN UJIAN NASIONAL 2012

Setelah guru dan anak mengetahui SKL mana yang telah dikuasai dan mana yang belum dikuasai, maka kegiatan belajar akan lebih terfokus pada SKL yang belum dikuasai. Nah “Jurus Jitu 2” ini adalah bagaimana cara belajar siswa agar dapat fokus dan belajar intensif.

Agar anak dapat cepat menguasai SKL, maka cara belajar bukan dengan mengerjakan soal latihan per paket. Tapi kerjakan soal-soal yang SKL-nya sama terlebih dahulu. Setelah mengerjakan beberapa soal yang sejenis, diharapkan siswa akan memahami arah dari kompetensi yang diharapkan dari SKL tersebut dan juga variasi soal yang ada.

Semakin banyak soal yang dikerjakan akan semakin menambah pemahaman siswa terhadap SKL soal tersebut. Oleh karena itu diperlukan latihan dari buku kumpulan soal-soal yang tersusun secara khusus, bukan hanya kumpulan soal-soal  dan pembahasannya saja. Sebagai contoh buku latihan UN yang tersusun secara teratur adalah Detik-Detik UN yang diterbitkan oleh Intan Pariwara.

Dalam hal ini akan lebih baik bila sekolah atau madrasah menugaskan guru mapel UN untuk membuat soal sebanyak-banyaknya untuk setiap SKL-nya. Bila dihitung-hitung, menugaskan guru untuk membuat soal jauh lebih menguntungkan daripada membeli buku soal latihan UN. Guru akan semakin mahir dalam memahami SKL UN dan juga menyusun soal-soal.

Setelah satu SKL dikuasai arah pertanyaannya, kompetensi yang diharapkan dan variasi dari soal yang ada maka mulailah untuk belajar SKL lain. Dengan jurus belajar SKL UN satu per satu sampai tuntas, maka anak dapat mengukur kemampuan dalam memahami kompetensi UN.  Target  nilai siswapun akan mudah untuk ditetapkan.

Selamat belajar.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Pembelajaran dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke JURUS JITU (2)

  1. Ping balik: JURUS JITU (4) « hidayat_gurumadrasah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s