Jurus Jitu (3)


BELAJAR MEMPERSIAPKAN UN 2012

Mempelajari SKL UN seorang diri, tentu akan sangat membosankan. Jika ada kesulitan – mau tanya siapa? Belum lagi, sangat sulit membangkitkan motivasi belajar saat sendirian. Oleh karena itu perlu siswa dapat belajar bersama-sama. Nah, Jurus Jitu 3 ini adalah belajar bersama-sama dalam kelompok belajar dengan model tutor sebaya.

Kelompok belajar sebaiknya terdiri dari siswa yang tingkat penguasaan SKL UN-nya berbeda-beda. Cara ini kami rasa paling efektif, karena biasanya siswa dengan kemampuan rendah memiliki sifat malu bertanya pada guru. Akan berbeda halnya bila ia bertanya pada temannya sendiri. Demikian pula bagi siswa dengan kemampuan tinggi, akan memiliki pengalaman berlebih ketika mencoba membantu menerangkan pada temannya.

Peran guru dan madrasah, sangat diperlukan untuk menentukan pengelompokan siswa. Guru juga dituntut untuk memberi pengetahuan berlebih pada siswa dengan kemampuan tinggi, sehingga siswa tersebut merasa percaya diri ketika menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari teman-temannya. Siswa dengan kemampuan tinggi tersebut perlu ditambahkan pelajaran pengayaan dan juga sumber-sumber buku yang lengkap.

Setelah kelompok belajar terbentuk, gurupun tidak boleh tinggal diam. Kelompok tersebut harus selalu dipantau perkembangannya. Ini merupakan salah satu tipikal siswa, yang jika tidak dipantau ya akan ‘mlempen”.  Metode seperti ini sudah dilakukan di madrasah kami – MTsN Rongkop. Setiap guru harus mendampingi satu kelompok belajar, dengan tugas membimbing bagaimana anak bisa belajar dengan efektif.

Dengan kemajuan tehnologi, pembelajaran kelompok ini akan mudah dipantau. Dewasa ini hampir semua anak sudah memiliki HP, bahkan sebagian besar siswa telah memiliki akun facebook. Ini merupakan peluang kita untuk mengoptimalkan komunikasi antara guru dengan siswa dan antar sesama siswa.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Pembelajaran dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Jurus Jitu (3)

  1. Ping balik: JURUS JITU (4) « hidayat_gurumadrasah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s