JURUS JITU (4)


BELAJAR MEMPERSIAPKAN UN 2012

Setelah tiga “Jurus Jitu” terdahulu dapat dilaksanakan siswa, belum akan menjadi maksimal bila tidak dilengkapi jurus berikut. Ketiga jurus yang lalu adalah :

  1. Mengetahui SKL mana yang telah dikuasai siswa maupun yang belum (Jurus Jitu I)
  2. Belajar per SKL sampati tuntas, sampai bisa memahami arah kompetensi yang diharapkan (Jurus Jitu 2)
  3. Belajar berkelompok dengan tutor sebaya (jurus Jitu 3)

Maka jurus yang keempat adalah mengatur waktu. Jurus ini menjadi sama pentingnya dengan jurus-jurus terdahulu. Untuk melakukan jurus 1 sampai 3 akan memerlukan waktu yang tidak singkat, jika siwa tidak bisa mengatur waktu alih-alih justru waktu kita akan banyak yang terbuang percuma.
Cara mengatur waktu akan sangat bergantung dengan sikap hidup seseorang, artinya tidak dapat disamakan cara satu orang dengan orang lain. Tetapi secara umum, siswa dapat mengatur waktu dengan cara :

1.    Tentukan jadwal secara disiplin

Dengan melaksanakan jadwal yang disiplin maka semua mapel akan terakomodasi secara merata. Akan tetapi membuat jadwal yang berimbang bukanlah hal yang mudah, karena itu siswa perlu untuk :

  • Menyesuaikan dengan jadwal pelajaran di kelas maupun jadwal les
  • Menyesuaiakan dengan agenda latihan UN (tryout)
  • Menyesuaiakan dengan waktu belajar secara kelompok

Setelah jadwal terbentuk, laksanakan dengan disiplin. Jika karena suatu hal jadwalnya tidak dapat dipenuhi, dapat diganti dalam waktu yang lain.

2.    Memanfaatkan “waktu emas” belajar

Disebut waktu emas, karena waktu yang diyakini merupakan waktu belajar yang efektif. Setiap siswa bisa jadi memiliki waktu emas yang berbeda-beda. Tetapi secara umum, waktu pagi setelah bangun dari tidur pulas merupakan waktu emas, karena pikiran masih jernih dan badan dalam kondisi segar.
Waktu emas juga dapat diciptakan dengan cara pembiasaan dan pengkondisian lingkungan sekitar. Peran lingkungan bisa menjadi sangat besar, seperti dengan membuat situasi yang kondusif, dengan bimbingan dari orang tua, maupun dengan kelompok yang aktif.

3.    Manfaatkan waktu luang walaupun hanya 1 menit.

Pepatah mengatakan “time is money”, yang artinya begitu pentingnya kita mengatur waktu maka kita akan sukses yang sering dianalogikan dengan money. Dengan menggunakan pepatah tersebut kita dapat mengefektifkan belajar di mana saja, kapan saja jika ada kesempatan. Oleh karena itu perlu kita untuk membuat ringkasan dalam bentuk kertas yang berukuran kecil sehingga praktis dapat dibawa ke mana-mana.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Pembelajaran dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s