JURUS JITU 5 BELAJAR MEMPERSIAPKAN UN


Berdoalah dan Pasti Allah Akan Mengabulkannya

Jurus wajib dari semua jurus yang terdahulu adalah doa. Peran doa bisa menjadi sangat besar pada proses belajar kita. Dengan doa akan dapat memberikan kekuatan hati, melahirkan motivasi tinggi, dan mengalirkan energi yang sangat besar untuk belajar.

Logika dari doa dapat menjadi sederhana :

1.    Dengan berdoa, kita mengimani kekuasaan Allah sangat tidak terbatas

Berdoa berarti meminta kepada yang memiliki kekuasaan dan kekuasaan Allah tidaklah terbatas. Sedangkan manusia selalu memiliki keterbatasan yang akan selalu bergantung pada Allah yang Maha Kuasa. Meminta harus percaya bahwa permintaan kita akan dikabulkannya.

2.    Diperlukan kejujuran untuk berdoa secara sungguh-sungguh

Mengakui adanya kekurangan dan keterbatasan manusia, tidaklah mudah. Tetapi dengan jujur mengakui adanya kekurangan pada diri kita dalam doa-doa kita  akan membangkitkan motivasi untuk mengatasi kekurangan kita. Jika mau jujur apa kekurangan kita, kita harus intropeksi diri sampai menemukan letak kekurangan kita tersebut. Dan kata bijak mengatakan – orang pandai adalah orang yang mengetahui kekurangannya.

3.    Doa tanpa ibadah tidaklah sempurna

Ketika meminta sesuatu, pastilah sikap dan perbuatan yang kita lakukan dengan baik terhadap yang dimintai. Demikian pula ketika kita berdoa kepada Allah, sudah sepatutnya jika dilakukan dengan melaksanakan ibadah secara rutin. Semakin penting yang kita minta akan menuntut semakin banyak pula ibadah yang kita lakukan, tidak hanya sekedar memenuhi kewajiban tetapi juga memperbanyak ibadah sunah.

4.    Tanpa usaha, doa hanyalah angan-angan belaka

“Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, jika kaum tersebut tidak merubahnya sendiri”. Firman Allah tersebut, menuntun kita memiliki kewajiban untuk selalu berusaha. Sifat pengasih Allah yang memberikan rizki pada setiap orang yang mau berusaha, tidak hanya pada kaum muslim saja. Tentu saja bagi kita orang muslim yang mau berusaha tidak hanya akan mendapatkan sifat kasih-Nya tetapi juga sifat Maha Penyayang-nya.

5.    Dikabulkannya doa bergantung pada niat kita

“Allah itu menurut persangkaan hambanya” penggalan terjemah dalam Qur’an ini menunjukkan betapa besarnya kekuatan niat. Seseorang yang telah memiliki niat dalam hatinya dan kemudian disaksikan oleh Allah dalam bentuk doa-doanya akan dapat melahirkan energi yang luar biasa. Ini dapat terlihat pada keseriusan kita ketika berdoa, ketika kita mendapat bencana maka cenderung doa-doa kita menjadi khusuk – berbeda ketika kita dalam kondisi biasa-biasa saja maka kecenderungan doa kita juga yang biasa-biasa saja.

Dari logika yang sangat sederhana di atas, mengharus kita mengakui bahwa kita memiliki keterbatasan.  Dengan pengetahuan akan keterbatasan kita mendorong kita berusaha untuk mengatasinya dan berdoa kepada Allah yang Maha Berkehendak. Agar doa kita didengar Allah, maka kita harus mengimbangi permintaan kita dengan melaksanakan kewajiban ibadah secara tertib. Jika ini sudah tertanam dalam hati kita, maka tidak akan ada lagi rasa malas – kemalasan hanya akan menjauhkan kita dari Allah.

Fenomena berdoa menjelang kegiatan UN yang semakin marak dalam pemberitaan di sejumlah sekolah merupakah hal yang positif. Biasanya sekolah secara bersama-sama seluruh civitas pendidikan dan orangtua siswa berkumpul dengan dipandu oleh Ustad. Akan tetapi dalam pelaksanaannya berdoa untuk kelulusan bukan hanya sekali itu saja, tetapi sebaiknya dilakukan secara rutin. Pembiasaan seperti sholat dhuha dan solat dzuhur di sekolah merupakan hal yang lebih mengena.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Pembelajaran dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s