BERHARAP BANYAK PADA PENGAWAS MADRASAH


Harapan akan adanya pengawas mata pelajaran selain pengawas PAI pada madrasah masih harus digantung tinggi-tinggi. Tapi setidaknya ada hembusan angin segar walaupun hanya semilir. Menteri agama melalui PMA Nomor 2 Tahun 2012 telah menetapkan peraturan tentang pengawas madrasah dan pengawas  pendidikan Agama Islam pada Sekolah.

Kehadiran pengawas mapel umum (selain PAI) sebenarnya sudah sangat ditunggu-tunggu. Sekarang ini guru-guru mapel umum sangat membutuhkan pembinaan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampunya. Di Kemenag pengawas yang ada hanya pengawas PAI dan mereka diharuskan menanggani semua guru mapel yang ada. Terkadang terjadi pembinaan yang hanya sebatas pada administrasi saja sehingga tidak sampai pada esensi mapelnya.

Sementara itu, kerjasama dengan pengawas mapel umum yang ada di dinas pendidikan pun belum bisa menyeluruh. Kerjasama yang ada hanya ketika diadakan penilaian-penilaian terhadap kinerja guru. Terakhir yang terjadi adalah penilaian administrasi guru dan kunjungan kelas pada guru bersertifikasi. Padahal yang dibutuhkan guru mapel adalah pembinaan yang bersifat rutin.

Kerjasama dalam MGMP antara guru madrasah dan guru sekolah-pun belum dapat berjalan dengan lancar di semua wilayah. Masih banyak MGMP madrasah yang berjalan di tempat, hanya ada papan nama dan cap-nya saja, tanpa ada kegiatan yang bersifat rutin. Sementara MGMP di dinas pendidikan sudah berlari jauh di depan. Kondisi seperti ini tidak akan terjadi jika kebutuhan pengawas yang ada di kementerian agama terpenuhi.

Angin segar dari PMA itu adalah adanya penggawas madrasah selain pengawas PAI. Peran pengawas sebetulnya sangat penting, sama pentingnya dengan peran pengembangan kebijaksanaan. Dengan adanya pengawas madrasah, kita sangat berharap anggapan akan kelemahan madrasah yang ada saat ini dapat diatasi. Kita berharap banyak kepada  pengawas madrasah yang sebentar lagi ada, semoga.

Berikut beberapa item tentang pengawas madrasah yang ada dalam PMA tersebut :

  1. Pengawas madrasah adalah guru PNS yang diangkat dalam jabatan fungsional pengawas satuan pendidikan yang tugas, tanggungjawab, dan wewenangnya melakukan pengawasan akademik dan manajerial pada madrasah.
  2. Pengawas madrasah meliputi pengawas RA, MI, MTs, MA, dan/atau MAK yang mempunyai tugas melaksanakan pengawasan akademik dan manajerial pada madrasah
  3. Pengawas madrasah memiliki fungsi : (a). penyusunan program pengawasan di bidang akademik dan manajerial; (b). pembinaan dan pengembangan madrasah; (c). pembinaan, pembimbingan, dan pengembangan profesi guru madrasah; (d). pemantauan penerapan standar nasional pendidikan; (e). penilaian hasii pelaksanaan program pengawasan; dan (f). pelaporan pelaksanaan tugas kepengawasan.

Berdasarkan ketentuan di atas, kemenag dapat mengakomodasi keperluan pengawas mapel dengan mengangkat guru-guru mapel memjadi pengawas secara proposional. Yakni proposional dari segi jenis mapel, sehingga dihharapkan pengawas yang di angkat memiliki profesioonal dalam mapel yang berbeda-beda.

Secara lengkap PMA nomor 2 Tahun 2012 dapat Anda download di sini atau di sini.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Madrasah dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke BERHARAP BANYAK PADA PENGAWAS MADRASAH

  1. Bambang Sutrisno berkata:

    Pedoman Teknis untuk PMA No.2 TH 2012 sudah ada ta pak kemenag pusat sebab guru-guru dari mapel umum menunggu

  2. Bambang Sutrisno berkata:

    Kalau tidak ada domnis tuk PMA No.2 Th 2012 guru-guru mapel umum segera diangkat saja menjadi pengawas madrasah asal memenuhi syarat-syarat demi meningkatkan kinerja guru-guru mapel umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s