Kisi-Kisi UAMBN 2013


UAMBN sudah semakin dekat, persiapan kelas 9 MTs semakin padat. Kita warga madrasah lebih sibuk dari pada warga sekolah umum. Hajatan besar tahunan di madrasah dilaksanakan dua kali dalam setahun, yakni UAMBN dan UN.

Keduanya merupakan beban yang sangat berat. Karena sementara ini, atasan kita lebih banyak menggunakan data hasil UAMBN dan UN sebagai tolok ukur keberhasilan kita. Jika demikian, maka kita cenderung untuk memfokuskan kegiatan pembelajaran kearah keberhasilan UAMBN dan UN tersebut. Inilah salah satu kelemahan dari sistem pendidikan yang ada.

Terlepas dari pro dan kotra terhadap pelaksanaan UAMBN dan UN, yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan kedua hajatan tersbut sebaik-baiknya tanpa meninggalkan teladan dalam pendidikan. Adalah salah menurut penulis, anggapan bahwa pelaksanaan UAMBN dan UN yang dianggap menyimpang dari hak-hak siswa kemudian madrasah melakukan kecurangan terhadap pelaksanaan UAMBN dan UN.

Tanggung jawab kita adalah memberikan teladan, mengajarkan kebaikan, menghindari perilaku curang dan sebagainya. Kalau selama tiga tahun kita membina siswa dengan penuh keteladanan dan kebaikan, pada akhirnya kita berikan contoh perilaku curang, maka yang akan membekas adalah perilaku curang tersebut. Jangan sampai ini terjadi.

Berikut kami lampirkan Kisi-Kisi UAMBN 2013 yang dapat Anda download secara langsung :

  1. kisi-kisi UAMBN 2013 MI
  2. kisi-kisi UAMBN 2013 MTs
  3. Kisi-kisi UAMBN 2013 MA

Atau Anda dapat mengunduh langsung dalam satu file dari Kanwil Kemenag DIY

Semoga bermanfaat.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Informasi, Kurikulum, Madrasah dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Kisi-Kisi UAMBN 2013

  1. agus sehono berkata:

    Mohon informasi kejelasan tentang nomor soal UAMBN MI, karena beberapa teman saya menghitung jumlah kisi-kisi UAMBN MI sebagian tidak berjumlah 50 kisi untuk 50 soal UAMBN, indikator qh ada 47 ,aa ada 45, fiq ada 42, ski ada 49, ba ada 50, Mohon informasi tentan hal tersebut. terima kasih.

  2. Ping balik: Kisi-Kisi UAMBN, USBN PAI dan UN Tahun Pelajaran 2012/2013 |

  3. jagi berkata:

    ujian nasional semakin dekat ,banyak-banyaklah belajar dan berdo’a juga bertaaruf kepada ALLAH SWT agar mendapat kemudahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s