Seminar Sehari Learning Metamorphosis


Gebrakan Baru Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Gunungkidul di Tahun 2013.

image

Setelah mundur lebih dari satu jam, akhirnya kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta ini akhirnya di mulai juga. Peserta yang cukup fantastis jumlahnya, karena hanya khusus guru madrasah di Kabupaten Gunungkidul dan merupakan rekor jumlah peserta dari seminar sejenis yang diselenggarakan oleh Erlangga.

Kegiatan ini terselenggara bekerja sama Penerbit Erlangga dengan pembicara bapak Iriyanto. Kegiatan yang pada awalnya cukup membosankan, karena menunggunya cukup lama, undangan peserta adalah pukul 07.30 dan baru simulai setelah pukul 9an.

Dalam kegiatan pembukaan, laporan oleh ketua panitia Bapak Arif yang selaku kasi pendidikan madrasah, menekankan pentingnya peranan guru sebagai sentral dari kegiatan pembelajaran. Selanjutnya kegiatan ini dibuka langsung oleh kepala kankemenag Bapak Masjuri yang meminta bapak/ibu peserta untuk sunggih-sungguh mengikuti seminar ini sehingga dapat tercapai tujuan kegiatan ini yaitu perubahan ke arah guru hebat dan murid yang dahsyat.

Setelah selingan dari pihak Erlangga, kegiatan intipun segera simulai. Seketika itu pula perubahan sikap peserta begitu terasa, mereka menjadi lebih tenang dan lebih fokus. Itulah kelebihan Pak Ir, yang mampu mengelola peseta seminar yang lumayan banyak ini dengan baik. Melalui guyonnya yang terarah waktu dua jam tidaklah begitu terasa.

Sayangnya materi yang diberikan oleh Pak Ir, masihlah tergolong materi pembuka untuk memotivasi guru.  Pada kesempatan ini belum banyak dikupas, masih banyak materi yang telah tertuang dalam buku tidak disampaikan. Dan kelihatannya kita memang harus menelaah lebih dalam apa yang telah beliau tulis dalam bukunya “Learning Metamorphosis, Hebat Gurunya Dahsyat Muridnya.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Informasi, Madrasah, Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s