Tambahan Jam Kerja Guru Madrasah Kurang Nalar


Mulai bulan September 2014, seluruh guru dan pegawai di lingkungan Kanwil Kemenag DI Yogyakarta dan Kabupaten Gunungkidul umumnya ditambah jam kerjanya sebesar 6 jam dari 37,5 jam kerja tiap pekannya. Tambahan jam kerja tersebut dialokasikan untuk istirahat guru dan pegawai pada jam 12.00 – 13.00 WIB setiap harinya kecuali hari Jumat.

Kebijakan tambahan jam kerja untuk madrasah tsanawiyah tersebut sebagai berikut:

  1. Senin – Kamis, jam 07.00 – 14.30 WIB
  2. Jumat, jam 07.00 – 11.30 WIB
  3. Sabtu, jam 07.00 – 15.00 WIB

Kebijakan yang tertuang dalam surat kanwil Kemenag DI Yogyakarta no Kd.12.02/1/HK.00.7/1081/2014 banyak mengundang protes dari kalangan guru kemenag. Sayangnya protes secara langsung melalui kepala madrasah dan K3MTs kabupaten tidak membuahkan kejelasan. Hanya melalui media social, banyak guru yang mengungkapkan kekurangpahaman mereka terhadap kebijakan baru ini.

Beberapa hal yang dirasa kurang nalar dari kebijakan tersebut adalah :

1.       Istirahat seusai jam kerja yang ditentukan, tidak mungkin bagi guru

Jam 12.00 – 13.00 WIB merupakan jam pembelajaran kedelapan dan jamaah sholat dzuhur. Apa jadinya jika guru istirahat pada jam tersebut dan juga murid diistirahatkan. Maka jam pelajaran peserta didikpun akan ikut mundur. Akibatnya rentang pembelajaran peserta didik tiap harinya bertambah panjang – tidak dapat dipastikan akan semakin efektif pembelajarannnya. Beban peserta didik juga harus bertambah dengan jatah makan siang karena pulangnya pukul 14.30 WIB.

2.       Kerja Guru berbeda dengan kerja pegawai lainnya

Guru selalu menghadapi manusia yang sedang belajar dan berkembang, sehingga memerlukan bimbingan dan pembinaan dalam segala aspek. Seandainya guru istirahat dan makan ke luar madrasah, maka siapa yang akan mengurusi ratusan murid dalam setiap madrasah? Kerja guru di madrasah akan dimulai ketika sampai di madrasah dan berakhir ketika pulang dari madrasah.

3.       Waktu istirahat guru boleh fleksibel, tapi tidak boleh disatukan dengan jam pulang

Atas desakan kurang nalarnya jam istirahat bagi guru, maka melalui kepala madrasah diberikan fleksibilitas untuk menggunakan jam istirahatnya. Artinya istirahat tidak harus pada jam yang telah ditentukan, bisa menyesuaikan dengan kondisi madrasah. Akan tetapi tidak boleh mengakhirkan istritahat dengan cara memajukan jam kepulangan guru. Boleh istirahat jam 13.30 – 14.30 WIB, tetapi chek out tetap pukul 14.30 WIB. Dalam praktiknya, ini akan memberikan kesempatan guru untuk mensyahkan ijin keluarnya dengan menggunakan waktu istirahatnya kapanpun. Dan berbahagialah yang rumahnya dekat madrasah, bisa istirahat 1 jam untuk menengok rumahnya.

4.       Kebijakan ini diambil karena adanya temuan irjen pada intansi kemenag ada jam istirahat pada jam kerja yang hanya 37,5 jam.

Dari penjelasan diberbagai pertemuaan, sering disebutkan bahwa tambahan jam kerja ini sebagai tindak lanjut temuan irjen adanya instansi kemenag yang jumlah jam kerja pegawainya 37,5 jam tetapi termasuk waktu istirahat sholat dan makan. Atas temuan tersebut diambil keputusan tambahan jam kerja seperti diatas untuk pegawai dan guru di seluruh instansi kementerian agama. Jadi jelas sudah, temuan itu untuk pegawai bukan untuk guru.

Selain nalar yang gagal paham atas kebijakan ini, penulis berasumsi hal ini akan membawa ekses-ekses jika tidak dipantau dan diberi arahan untuk kegiatan positif. Terutama untuk kegiatan hari sabtu yang siswanya pulang pukul 13.10 WIB dan gurunya harus pulang pukul 15.00 WIB.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Madrasah, Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s