Mengajar Kurikulum 2013 dengan Buku Lawas


Empat bulan menunggu datangnya buku Kurikulum 2013, bukanlah waktu yang cepat. Sementara materi pelajaran yang harus disampaikan ke peserta didik baru memasuki bab ketiga dari lima bab. Ketiadaan buku siswa ini sangat mengganggu dan menjadikan kegiatan pembelajaran kurang lancar.

Dengan terpaksa, akhirnya kami bongkar buku lawas terbitan tahun 2007 untuk dibagikan kepada peserta didik. Buku yang hanya bisa dipinjamkan satu untuk dua orang itu segera ludes dibawa mereka. Di sinilah mulai muncul beberapa permasalahan :

Pertama, tingkat kedalaman materi kurikulum 2013 ini sangat jauh berbeda. Contoh kasus pada beberapa bab yang dulunya dipelajari dalam 3 sampai 4 pertemuan, pada kurikulum 2013 ini harus disampaikan hanya dalam 1 pertemuan. Jadi kesulitannya, bagaimana mengemas materi? Membuat mereka memehami dalam waktu yang relatif singkat dengan pemahaman yang dalam untuk materi yang cukup luas.

Kedua, dengan pendekatan scientific ternyata memerlukan waktu yang cukup lama. Menemukan hal yang sangat sederhana saja perlu waktu – apalagi hal-hal yang sudah kompleks seperti taksonomi. Kelihatannya untiuk semester ini akan keteteran materinya.

Ketiga, tuntutan akan Ualangan Akhir Semester Bersama, yang pola soal-soalnya masih berwarna kurikulum sebelumnya, pasti akan menyulitkan peserta didik. Ha ini masih perkiraan Penulis, ketika kemarin melihat kisi-kisi soal dan soal yang telah dibuat tim Penulis.

Bersambung ….

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Kurikulum, Madrasah dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s