Ini Usulan Jam Kerja Bagi Madrasah Kami


Jam kerja yang sekarang kami jalani  pada madrasah di lingkungan DIY terasa kurang  efektif. Dua hal yang kami pandang kurang efektif adalah pertama jam kerja hari Jumat yang berakhir pukul 11.30 WIB dan hari Sabtu yang berakhir pukul 15.00 WIB. Pada setiap hari Jumat kewajiban seorang muslim adalah mengerjakan sholat Jumat yang waktunya sesuai dengan waktu dzuhur yang bersifat dinamis. Sebagai contoh ketika tulisan dini dibuat, waktu dzuhur adalah pukul 11.24 WIB. Tentu saja jika berpedoman pada jam kerja, sebagian dari kita akan tertinggal sholat Jumat atau dengan terpaksa membolos beberapa menit sebelum waktunya. Apalagi jika rumahnya tidak berdekatan dengan madrasah, dapat dipastikan tidak bisa memakmurkan masjid di kampungnya sendiri.

Hari Sabtu yang jam kerjanya berakhir pukul 15.00 WIB sangat memberatkan kami. Pembelajaran peserta didik berakhir pukul 13.10 WIB dan gurunya harus pulang pukul 15.00 WIB. Terlebih kegiatan kami pada hari Senin sampai Kamis banyak yang berakhir pukul 15.00 WIB sedangkan jam kerja telah berakhir pukul 14.30 WIB. Jam kerja ini juga merupakan jam terpanjang yang diletakkan di akhir pekan. Kami sangat berharap bisa berakhir pekan dengan waktu yang cukup untuk sosialisasi dan silaturahmi.

Untuk itu kami mengusulkan adanya perubahan pembagian jam sebagai berikut:

Hari                                  Jam Kerja yang Berlaku                   Usulan Jam Kerja
Senin s.d. Kamis            07.00 – 14.30 WIB                            07.00 – 15.00 WIB
Jumat                               07.00 – 11.30 WIB                            07.00 – 11.00 WIB
Sabtu                                07.00 – 15.00 WIB                           07.00 – 13.30 WIB

Usulan ini sudah pernah kami sampaikan kepada kepala madrasah untuk diusulkan kepada pembuat kebijakan, akan tetapi belum berhasil. Dengan tulisan ini, kami berharap adanya upaya untuk win-win solution antara guru/pegawai dengan pembuat kebijakan dalam menentukan kebijakan yang bisa berjalan dengan efektif.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Informasi, Madrasah, Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s