Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran


Poin-Poin Penting dalam Pedoman Pembelajaran

  1. Pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas dengan karakteristik:
  • interaktif dan inspiratif;
  • menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif;
  • kontekstual dan kolaboratif;
  • memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian peserta didik; dan
  • sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

 

  1. Pembelajaran menggunakan pendekatan, strategi, model, dan metode yang mengacu pada karakteristik.

  • Pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang pendidik yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan.
  • Strategi pembelajaran merupakan langkah-langkah sistematik dan sistemik yang digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan.
  • Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual dan operasional pembelajaran yang memiliki nama, ciri, urutan logis, pengaturan, dan budaya.
  • Metode pembelajaran merupakan cara atau teknik yang digunakan oleh pendidik untuk menangani suatu kegiatan pembelajaran yang mencakup antara lain ceramah, tanya-jawab, diskusi.

 

  1. Pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik/pendekatan berbasis proses keilmuan. Pendekatan saintifik/pendekatan berbasis proses keilmuan merupakan pengorganisasian pengalaman belajar dengan urutan logis meliputi proses pembelajaran:
  • mengamati;
  • menanya;
  • mengumpulkan informasi/mencoba;
  • menalar/mengasosiasi; dan
  • mengkomunikasikan.

Urutan logis dapat dikembangkan dan digunakan dalam satu atau lebih pertemuan. Pendekatan saintifik/pendekatan berbasis proses keilmuan dilaksanakan dengan menggunakan modus pembelajaran langsung atau tidak langsung sebagai landasan dalam menerapkan berbagai strategi dan model pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Dasar yang ingin dicapai.

 

  1. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan RPP yang disusun oleh guru dengan mengacu pada silabus dengan prinsip:
  • memuat secara utuh kompetensi dasar sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan;
  • dapat dilaksanakan dalam satu atau lebih dari satu kali pertemuan;
  • memperhatikan perbedaan individual peserta didik;
  • berpusat pada peserta didik;
  • berbasis konteks;
  • berorientasi kekinian;
  • mengembangkan kemandirian belajar;
  • memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran;
  • memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan; dan
  • memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Prinsip di atas diwujudkan dalam bentuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial. RPP paling sedikit memuat:

  • identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran atau tema, kelas/semester, dan alokasi waktu;
  • Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan indikator pencapaian kompetensi;
  • materi pembelajaran;
  • kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup;
  • penilaian, pembelajaran remedial, dan pengayaan; dan
  • media, alat, bahan, dan sumber belajar.

Lebih lengkapnya silahkan download:

  1. permendikbud nomor 103_tahun 2014
  2. lampiran permendikbud nomor 103 tahun 2014

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Informasi, Kurikulum, Madrasah, Pembelajaran, Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s