Madrasah DIY Rencanakan Pelaksanaan K13 Jalan Terus


Ada kabar gembira dan juga kabar gelisah bagi sebagian guru madrasah di DIY tentang keberlanjutan pelaksanaan kurikulum 2013 di madrasah. Bagi guru-guru yang bersemangat tinggi yang telah mengikuti bimtek dan workshop berkali-kali, tentu sudah paham dengan esensi K13 dan telah merasa sreg dengan K13 tentu merasa gembira. Tapi bagi sebagian yang lain yang hanya mengikuti bimtek K13 sekali yang hanya berisi gambaran umum saja, tentu masih merasa gelisah.

Memang pelaksanaan K13 yang penuh dengan polemik, masih sangat kurang disosialisasikan pada seluruh guru secara utuh. Hal ini karena banyaknya permendikbud yang keluar secara maraton dalam 2 tahun berjalan. Akibatnya peraturan yang baru disosialisasikan pada guru, sudah digantikan dengan permendikbud yang baru. Nampaknya untuk tahun 2015 Kemenag DIY telah merencanakan untuk menambah jumlah bimtek dan workshop K13.

Berikut adalah cuplikan surat ijin Kanwil Kemenag DIY tentang pelaksanaan K13 untuk tahun 2014/2015 sebagaimana tertuang dalam surat nomor KW.12.2/1/PP.OO/3-b/2014 sebagai berikut :

Berdasarkan hasil rapat koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta yang diikuti oleh seluruh  Kepala Seksi Pendidikan Madrasah  Kabupaten/Kota, Kepala Seksi pada Bidang Pendidikan Madrasah, Kelompok Kerja Pengawas (Kapokjawas), Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3M) tanggal 16 Desember 2014 dan mempertimbangkan kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013  di seluruh Sekolah se Daerah Istimewa Yogyakarta, maka dengan ini kami mohon ijin  agar seluruh madrasah se-Daerah Istimewa Yogyakarta tetap melanjutkan implementasi kurikulum 2013 sesuai tahapan jenjang dengan usulan perbaikan sebagai berikut :

  1. Penyederhanaan pola Penilaian sehingga mengurangi beban guru dalam persoalan administrasi
  2. Peningkatan SDM guru dengan memperbanyak pelatihan, workshop, dan program pendampingan
  3. Penyederhanaan Jumlah jam pembelajaran (Penyederhanaan Struktur Kurikulum, terutama pada program keagamaan pada MA )
  4. Ketersediaanbuku siswa dan buku pegangan guru dilakukan seawal mungkin
  5. Penyederhanaan materi yang terlalu luas dan disesuaikan dengan kebutuhan

Sebagai bahan pertimbangan bahwa  kami telah mengalokasikan anggaran Bimtek kurikulum 2013, pendampingan dan pengadaan buku sesuai kebutuhan madrasah pada setiap tahun. (download suratnya)

Penulis sangat setuju dengan 5 point usulan perbaikan ini. Tentu ini membutuhkan kerja keras dan kerja cepat  tentang perbaikan-perbaikan dan penyederhanaan dalam pelaksanaan K13. Dua minggu lagi pembelajaran semester 2 akan segera dimulai. Jangan sampai usulan ini tidak segera ditindak lanjuti. Mari kita kawal kebijakan ini.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Madrasah DIY Rencanakan Pelaksanaan K13 Jalan Terus

  1. Ping balik: Madrasah DIY Sepakat Lanjutkan Kurikulum 2013 pada Sem 2 Tahun Ajaran 2014-2015 | Hidayat Guru Madrasah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s