Madrasah DIY Sepakat Lanjutkan Kurikulum 2013 pada Sem 2 Tahun Ajaran 2014-2015


Hasil rapat koordinasi semua Kepala MI, MTs dan MA se-DIY pada hari Jumat (2/1) di Kanwil Kemenag DIY telah disepakati untuk melanjutkan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Kesepakatan ini tidak sepenuhnya bertentangan dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 207 Tahun 2013 tentang Kurikulum Madrasah, setidaknya masih ada satu peraturan yang akan segera ditetapkan oleh Dirjen Pendis sebagai petunjuk pelaksanaan KMA tersebut.

Setidaknya ada 3 hal menurut Penulis yang mendasari kesepakatan tersebut :

  1. Tetap bertahan dengan ijin yang telah diajukan kepada Menag untuk tetap ;melanjutkan pelaksanaan K13 pada sem 2 ini dengan beberapa alasan (lihat: Madrasah DIY Rencanakan Pelaksanaan K13 Jalan Terus).
  2. Sekolah di DIY telah sepakat untuk melanjutkan pelaksanaan K13, sehingga madrasah di DIY yang berada pada satu lingkungan bertambah kuat tekadnya untuk tetap melaksanakan K13.
  3. Terus Mengawal ketetapan yang akan dibuat Dirjen Pendis sehingga sesuai dengan Peraturan Bersama Dirjendikdas dan Dirjendikmen Kemdikbud tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013, pada pasal 3 ayat (2) bagi satuan pendidikan yang telah siap dapat mengajukan ijin untuk melaksanakan kurikulum 2013.

Mari kita berjihad untuk belajar dan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Juga kita kawal agar kebijakan pelatihan untuk pengawas, kamad, dan guru segera diintensifkan di awal semester berjalan ini. Juga yang terpenting adalah ketersediaan buku siswa.

 

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Informasi, Kurikulum, Madrasah dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s