Bagaimana Nasib UAMBN 2015 ?


uambnTahun ajaran 2014/2015 bagi kelas IX dan XII di madrasah tinggal beberapa bulan lagi. Setiap madrasah sudah mulai start untuk dapat sukses pada ujian akhir mereka. Ada tiga agenda ujian yang akan dihadapi, yakni  UAMBN, Ujian Madrasah (UM) dan Ujian Nasional (UN).

Pada tahun ini, kelas IX dan XII masih menggunakan KTSP 2006 dan PMA No 2 tahun 2008. Lihat tulisan Permenag No 2 Tahun 2008. Hanya saja Menteri Agama, pada tanggal 17 Oktober 2014 telah menerbitkan PMA No 42 Tahun 2014 tentang pencabutan PMA No 2 tahun 2008 dan dinyatakan tidak berlaku mulai tanggal diundangkan.

Penulis bukanlah ahli dalam perundang-undangan, hanya mencoba memahami secara logika saja : “Jika PMA No 2 Tahun 2008 dinyatakan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi, lalu apa dasar penyelenggaraan UAMBN 2015?”. Ataukah ini termasuk bentuk su’udzon dan lebih baik husnudzon “bahwa pada tahun 2015 sudah tidak ada UAMBN lagi?

Penulis telah mengemukakakan ketidak setujuan terhadap penyelenggaraan UAMBN sejak tahun 2010. Lihat Tulisan UAMBN 2010. Rasanya ingin kembali mengungkapkan ketidaksetujuan ini. Setidaknya ini alasan Penulis:

  1. Pembelajaran PAI di akhir tahun telah berubah dengan sistem drill soal-soal latihan UAMBN.
  2. Siswa madrasah sangat tertekan dengan padatnya jadwal ujian akhir mereka. Biasanya pada bulan April mereka harus mengikuti tiga jenis ujian yakni UAMBN, UM dan UN secara maraton.
  3. Hasil dari UAMBN belum ditindaklanjuti secara intensif. Ketika nilai bahasa arab sangat rendah, ternyata selama empat tahun ini tidak ada pelatihan untuk guru-guru bahasa Arab. Demikian juga untuk pelatihan guru PAI.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Informasi, Madrasah, Ujian dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Bagaimana Nasib UAMBN 2015 ?

  1. Matsari berkata:

    Bagaimana kalau UAMBN dilaksanakan setelah UN, karena ada waktu kososng yang lumayan panjang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s