Pusat Restui Madrasah di Daerah Lanjutkan Kurikulum 2013


Kementerian Agama melalui Direktorat Jendral Pendidikan Islam akhirnya mengeluarkan Surat Edaran (SE) no SE/DJ.I/PP.00.6/1/2015 tentang Kurikulum Madrasah (Kurma). SE ini merupakan tindak lanjut dari dikeluarkannya KMA no 207 tahun 2014. Terbinya SE ini telah memberikan angin segar bagi madrasah di DIY yang telah sepakat menlanjutkan Kurikulum 13 (K13).

Pada salah satu poin disebutkan “Madrasah dapat melaksanakan Kurikulum 13 yang menjadi kebijakan Dinas Pendidikan Setempat”. Ketentuan ini tentu saja hanya memperbolehkan madrasah di daerah melanjutkan kurikulum 13 jika Dinas Pendidikan di daerah tersebut juga melaksanakan K13.  Lihat tulisan Madrasah DIY Sepakat lanjutkan Kurikulum 13. Penulis rasa kebijakan ini sangat tepat, karena akan mengurangi kesenjangan kurikulum di madrasah dan di sekolah. Daerah akan lebih mudah mengelola pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran.

Dalam SE tersebut ada 7 poin kebijakan yang ditetapkan oleh Dirjen Pendis. Kebijakan ini telah menjadi banyak menuai pro dan kontra di jejaring sosial. Beberapa poin yang dipermasalahkan yaitu :

  1. Pada poin 2, disebutkan  penilaian hasil belajar peserta didik untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab mengikuti standar penilian pada KTSP 2006. Ketentuan ini sungguh mengherankan, bagaimana akan cocok untuk menilai kalau alatnya berbeda. Sebenarnya akan lebih mudah, jika dengan melaksanakan penilaian pada K13 secara bertahap. Tidak semua jenis penilaian digunakan sekaligus, tetapi diutamakan yang pokok-pokok dalam tahun pertama dan selanjutanya samapai tercapai semua aspek penilaian. Lihat tulisan Madrasah DIY Rencanakan Lanjutkan Kurikulum 13.
  2. Pada poin 4 dan 5 tentang Madrasah Aliyah dapat melakukan penjurusan pada kelas XI dan melakukan peminatan keagamaan pada kelas X. Hal ini masih perlu penjelasan secara lanjut, karena masih dirasakan membingungkan.

Pada akhirnya SE ini masih perlu sosialisasi dalam menterjemahkan agar pemahaman seluruh madrasah sama. Kita masih menunggu ….

Silahkan download file: SE_KURMA

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Informasi, Kurikulum, Madrasah dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pusat Restui Madrasah di Daerah Lanjutkan Kurikulum 2013

  1. Ping balik: Struktur Kurikulum Madrasah 2013 (Kurma) | Hidayat Guru Madrasah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s