Struktur Kurikulum Madrasah 2013 (Kurma)


Kemdikbud telah menetapkan sekolah yang berhak melanjutkan implementasi kurikulum 2013 sebagai sekolah rintisan melalui surat edaran nomor 233/C/KR/2015. Selain Sekolah Rintisan, maka sekolah harus kembali menggunakan kurikulum 2006. Itulah yang terjadi di DIY, pada awalnya seluruh sekolah dan  madrasah sudah sepakat untuk melanjutkan implementasi K13. Dengan keluarnya SE tersebut, maka mulai minggu depan (26/1) sekolah sudah diintruksikan untuk kembali menggunakan Kurikulum 2006 lagi.

Bagaimana dengan madrasah? Sesuai  Surat Edaran (SE) no SE/DJ.I/PP.00.6/1/2015 tentang Kurikulum Madrasah (Kurma) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Islam sebagai tindak lanjut dari dikeluarkannya KMA no 207 tahun 2014. Salah satu poin dalam SE itu menyebutkan Madrasah dapat melaksanakan Kurikulum 13 yang menjadi kebijakan Dinas Pendidikan Setempat. Hal ini dapat diartikan jika dinas pendidikan setempat (DIY) kembali ke Kurikulum 2006, maka demikian pula hal yang harus dilakukan oleh madrasah.

Direktur Pendidikan Madrasah ternyata telah menyusun Pedoman Teknis Kurikulum Madrasah di penghujung tahun 2014 kemarin. Akan tetapi sampai saat ini, Domnis tersebut belumlah ditanda-tangani. Sesuai judulnya domnis ini memang dikhususkan untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab. Akan tetapi yang menjadi perhatian kita semua adalah, bagaimana struktur kurikulum madrasah yang akan diterapkan. Berikut saya cuplikkan struktur kurikulum Madrasah untuk MTs.

struktur kurikulum mtsStruktur kurikulum MI dan MA juga serupa dengan struktur kurikulum MTs. Pada struktur tersebut nampak jelas bahwa kemenag menggunakan basic kurikulum 2006 dengan perubahan hanya pada kurikulum mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab.

Sebetulnya yang apapun kurikulumnya, pembelajaran di madrasah tetap bergantung pada kesiapan gurunya. Yang dikehendaki guru madrasah adalah segera ada kepastian terhadap kurikulum yang akan digunakan. Termasuk dengan adanya draf Domnis Kurma ini agar segera diputuskan untuk bisa digunakan sebagai acuan pembelajaran.

Silahkan download Draft Domnis Kurma 2013 : domnis-implementasi-kurma-2013

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Gambar | Pos ini dipublikasikan di Informasi, Kurikulum, Madrasah dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Struktur Kurikulum Madrasah 2013 (Kurma)

  1. Ping balik: Madrasah Kembali Ke KTSP Berpedoman KMA 207 & SE | Hidayat Guru Madrasah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s