UAMBN 2015 Menggunakan PMA Nomor 2 Tahun 2008 yang Telah Dicabut, Bagaimana Penjelasannya?


Hajatan besar madrasah untuk kelas tingkat akhir MTs dan MA telah ditetapkan. Untuk tingkat MA UAMBN 2015 akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 11 Maret, sedangkan untuk tingkat MTs akan dilaksanakan tanggal 23 – 25 Maret. Pelaksanaan UAMBN ini satu bulan sebelum pelaksanaan UN 2015.

Semula penulis sempat bingung dengan dikeluarkannya PMA no 42 tahun 2014 tentang pencabutan PMA nomor 2 tahun 2008, pada pasal 1 menyebutkan:

PMA 42 TAHUN 2014

Dicabut dan dinyatakan tidak berlaku, menurut Penulis sama halnya sudah dibuang dan tidak akan digunakan lagi. Tetapi setelah keluar keputusan Dirjen Pendis nomor 32 tahun 2015 ini tentang ketentuan pelaksanaan UAMBN, ternyata SKL-nya masih menggunakan PMA nomor 2 Tahun 2008. PMA ini juga tertulis dalam konsiderannya.

Nah bagaimana penjelasannya? Berikut adalah hasil diskusi di beberapa media social yang penulis ikuti, yaitu pengertian “dicabut” hanya untuk kelas yang menerapkan kurikulum 2013 sesuai KMA nomor 177. Jadi kesimpulannya dicabut terbatas hanya untuk kelas 1, 4, 7, dan 10 saja. Sedangkan kelas lainnya masih menggunakan PMA nomor 2 tahun 2008. Hal ini bisa Penulis pahami sebagai guru madrasah, bagaimana dengan pakar hukum?

Tulisan ini hanya bermaksud mengkritisi agar terdapat kepastian hukum atas semua kegiatan,  apalagi kegiatan berlevel nasional. Selain penjelasan itu, masih ada beberapa pertanyaan yang masih mengganjal, yakni:

  1. Kenapa harus mencabut PMA? Kemenag dapat mengeluarkan PMA baru, kemudian disalah satu pasalnya dinyatakan PMA lama tidak berlaku lagi.
  2. Kalau Pencabutannya bertahap, sebaiknya hal ini dicantumkan pada salah satu pasalnya. Ini akan menghindarkan dari berbagai interpretasi yang berbeda-beda.

Terlepas dari semua itu, UAMBN memang sudah diamanatkan melalui PMA nomor 90 tahun 2013 dan KMA no 165 tahun 2014. Jadi mari kita laksanakan amanat tersebut sebaik-baiknya dengan tidak mengesampingkan sikap kritis kita terhadap berbagai persoalan di depan.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Gambar | Pos ini dipublikasikan di Informasi, Madrasah, Ujian dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s