Menggunakan Office 365 Untuk Pembelajaran


officeMicrosoft Office 365 atau lebih dikenal dengan istilah Office 365 merupakan program layanan public cloud yang menggunakan konsep Software as a Service (SaaS). Program ini diperuntukkan untuk menunjang kinerja dan produktivitas suatu organisasi/intansi yang membutuhkan komunikasi yang cepat dan terpadu. Pada saat ini layanan Office 365 tidak hanya diperuntukkan untuk business dan enterprises tetapi juga dipersembahkan untuk pendidikan.

Berbagai keuntungan yang ditawarkan Office 365 adalah memungkinkan Anda untuk dengan mudah berkolaborasi global secara real time, membuat tim bersama (group), membuat sebuah Office virtual di mana kita dapat bekerja dengan informasi aman saat Anda berada di manapun, menggunakan program-program  yang sudah familiar dan menghemat biaya hardware serta jaminan keamanan data.

Office 365 memiliki empat layanan utama yaitu meliputi layanan Office, layanan Exchange Online untuk email dan penjadwalan, layanan SharePoint Online untuk berbagi file dan membuat situs tim, dan layanan Lync Online untuk instant messaging dan online meeting.

Berdasarkan keunggulan dan layanan yang ditawarkan oleh Office 365, menurut Penulis dengan menggunakan Office 365 akan dapat meningkatkan efektivitas yang tinggi jika diterapkan dalam dunia pendidikan. Peserta didik dapat mengakses materi pelajaran di manapun dan kapanpun, dapat menggunakan file secara bersama, dapat membuat dokumen secara online, dan berdiskusi baik dengan pesan maupun bertatap langsung.

Permasalahan utamanya adalah kurangnya ketersediaan akses internet bagi peserta didik. Akan tetapi dalam perkembangan ke depan, dengan semakin meningkatnya kemampuan peserta didik untuk dapat mengakses internet maka program cloud semacam Office 365 akan menjadi suatu kebutuhan bagi instansi pendidikan. Untuk saat ini program ini lebih cocok jika diterapkan mulai pendidikan menengah atas yaitu SMA/SMK/MA.

Bagaimana mengefektifkan Office 365 untuk pendidikan? Inilah tugas Penulis yang saat ini sedang mengikuti Diklat Online Office 365 dibawah naungan IWIE ACADEMY untuk mengeksplorasi fitur-fitur yang ada di dalamnya.  Terimakasih Penulis sampaikan kepada Mr. Hartono sebagai instruktur diklat online tersebut. Semoga kegiatan diklat berjalan dengan lancer dan sukses.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Madrasah, Pembelajaran dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s