Menggunakan Kelebihan Email pada Office 365 untuk Pembelajaran


Baru satu bagian Penulis melakukan eksplorasi, sudah nampak keunggulan Office 365. Eksplorasi pertama pada Pelatihan Online Guru dengan materi Office 365 adalah email pada Office 365.

tampilan emailBagi yang telah menggunakan email yahoo maupun gmail, akan langsung terlihat keunggulan dan kemudahan menggunakannya. Pertama, tampilan email terdiri dari 3 kolom terpisah. Kolom sebelah kiri berisi kumpulan folder untuk pengelolaan email. Kolom tengah memuat daftar email dari masing-masing folder. Sedang kolom sebelah kanan merupakan isi dari email yang dibuka. Tampilan ini sangat memudahkan kita mengorganisir file yang masuk.

Kedua, kita dapat membuat folder-folder baru yang langsung tampak di kolom sebelah kiri. Dengan membuat pengaturan pada tiap folder, maka berbagai jenis email yang masuk akan otomatis masuk pada folder yang telah dibuat berdasarkan kategori tertentu. Email baru dan email belum terbaca pada setiap folder akan terlihat banyaknya di belakang nama folder. Ketiga, mudahnya membuat group dan melihat aktivitas group yang kita ikuti. Pada kolom sebelah kiri bawah akan terlihat berapa group yang kita ikuti dan juga banyaknya aktivitas group yang tertera pada angka di belakang nama group. Dengan klik pada ikon group kita sudah masuk pada aktivitas group yang ada di dalamnya.

Keempat, email pada office 365 dapat membalas email secara otomatis. Apabila karena suatu hal kita tidak dapat online pada jangka waktu tertentu, maka kita dapat melakukan pengaturan agar email yang masuk segera dibalas dengan keterangan tertentu.

Di samping keempat keunggulan email pada office 365 yang telah penulis eksplorasi, masih banyak fitur yang memiliki fungsi sama dengan penyedia email lainnya. Fitur tersebut seperti menulis email, membaca kotak masuk, mengelola folder, menghapus email, menandai telah atau belum dibaca, dan lain sebagainya.

Menggunakan email Office 365 untuk pembelajaran merupakan pilihan tepat. Di samping Office 365 ada versi untuk pendidikannya, keunggulan yang telah kami sebutkan tadi akan mempermudah proses pembelajaran secara online. Sebagai contoh ketika guru sudah membuat group maka dengan mudah ia memasukkan muridnya ke group tersebut atau murid yang mencari dan meminta untuk masuk ke group. Setiap ada tugas tinggal kirim satu email untuk seluruh group. Demikian pula bagi siswa, group yang banyak tidak akan merepotkannya, karena email yang masuk baik dari tugas maupun diskusi bias langsung masuk ke folder yang telah ia atur. Ia tidak akan repot lagi mengelompokkan email dan mencari aktivitas group apa yang belum ia buka.

Eksplorasi email pada office 365 ini begitu mengasyikkan sebagaimana gambaran di atas. Penulis berkeyakinan pada masa yang akan datang penggunaan office 365 akan lebih menjamur sampai pada tingkat sekolah menengah.

Tentang Hidayat

Saya salah seorang guru di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong (mulai 2013 yang sebelumnya di MTs Negeri Rongkop), berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Informasi, Pembelajaran dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s