ICT-Based Learning for Teacher

PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK
SEAMOLEC, DIKPORA KABUPATEN GUNUNGKIDUL, dan KGI WILAYAH YOGYAKARTA

3 – 7 AGUSTUS 2009

Bertempat di Dikpora kabupaten Gunungkidul pada tanggal 3 Agustus 2009 dilakukan pembukaan pelatihan  “ICT-Based Learning for Teacher” dengan sosialisasi Seamolec, Sosialisasi KGI, dan Sosialisasi Sagusala yang diikuti oleh Pengawas, Kepala UPT, Kepala Sekolah dan Guru. Dalam sambutannya Kepala Dikpora Bp. Kasiyo menegaskan bahwa ICT merupakan kebutuhan kita semua dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Semua program akan menjadi lebih efisien dengan ICT, akan tetapi pertanyaannya adalah “apakah guru siap dengan ICT?”. Selanjutnya pelatihan dilaksanakan di ICT center Kabupaten Gunungkidul yang berada di SMKN 2 Wonosari. Pelatihan dihadiri oleh guru dari SD, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK berjumlah 30 Orang. Adapun Pemateri dari Seamolec, JIS-DIJ, ICT Center dan KGI Wilayah Yogyakarta.

Latar Belakang Pelatihan: Pembelajaran berbasis teknologi diselenggarakan dalam berbagai pola, yang pada dasarnya mengandalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui audio/video, TV, dan pembelajaran dengan menggunakan media komputer dan internet. Pembelajaran dengan menggunakan media komputer dan internet merupakan salah satu alternatif yang sangat potensial, dimana kebutuhan pendidikan yang telah mengglobal menuntut adanya percepatan dan perluasan akses yang tak terbatasi. Percepatan informasi dalam hitungan detik, dengan memijit tombol email akan berpindah dari satu komputer ke komputer lain di bagian dunia manapun. Pengelolaan pembelajaran melalui media komputer dan atau intenet dikemas dalam sebuah pembelajaran berbasis web, sehingga peserta didik yang akan mempelajari materi sesuai dengan kebutuhannya dapat mengakses secara online, artinya belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja, sehingga percepatan dan perluasan akses dalam rangka pemeratan kesempatan mendapatkan pendidikan dapat terpenuhi.

Berbagai keuntungan yang diperoleh dalam menyelenggarakan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan media komputer dan internet yaitu antara lain: 1) efisiensi biaya: sebagai contoh dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan guru, peserta pelatihan tidak harus datang ke tempat diselenggarakan diklat, mereka dapat mengakses materi-materi yang bersifat pengayaan keilmuannya masing-masing. 2) fleksibelitas waktu: peserta didik dapat mempelajari materi kapan saja, sehingga mereka dapat menentukan waktu sesuai dengan kemampuannya masing-masing. 3) fleksibelitas tempat: proses penyelenggaraan pembelajaran dapat dilakukan di mana saja, dan tidak perlu gedung atau ruang kelas yang lengkap dengan kelengkapan medianya. 4) fleksibelitas kecepatan pembelajaran: peserta didik memiliki gaya belajar berbeda-beda, oleh karena itu mereka dapat menyesuaikan dengan kemampuannya, bila mereka belum memahami betul, mereka dapat mengulang-ulangi lagi sesuai dengan kecepatannya masing-masing. 5) standarisasi instruktur/pengajar: pembelajaran yang dikelola akan memiliki kualitas yang relatif sama.

Tujuan pendidikan dan pelatihan ini adalah agar guru SMP, SMA dan SMK memiliki kompetensi dalam mengelola pembelajaran berbasis teknologi informasi dan Komunikasi yang akan dapat diterapkan di sekolahnya masing-masing khusus yang mengampu mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Untuk mencapai tujuan pendidikan dan pelatihan tersebut masing-masing guru diharapkan memiliki karakteristik kemampuan sebagai berikut:

  • mampu menjelaskan konsep Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran;
  • mampu merancang, mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan email, blog, wiki, dan facebook;
  • mampu memanfaatkan Learning Management System berbasis Open Source untuk PBM.

Materi pelatihan dibagi beberapa tahap antara lain:

  1. Pengenalan E-Learning
  2. Administrasi LMS Moodle
  3. Membuat Virtual Class di LMS Moodle
  4. Mengisi konten pelajaran di LMS Moodle
  5. Membuat Kuis/Ujian Online di LMS Moodle
  6. Memanfaatkan Facebook untuk kegiatan E-Learning
  7. Membuat Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s